Tentang Arusbalik :: culture4change






Perkembangan ekonomi memasuki fase terbarunya. Setelah masa ekonomi pertanian, jaman industri dan informasi, kini era baru ditandai dengan terbentuknya fase ekonomi kreatif. Rollo May, dalam 'The Courage to Create' mengatakan,


"...creativity is the process of bringing something new into being…creativity requires passion and commitment. Out of the creative act is born symbols and myths. It brings to our awareness what was previously hidden and points to new life. The experience is one of heightened consciousness-ecstasy..."

Pun masyarakat Indonesia, dengan kekayaan kandungan pengetahuan mitologi Nusantara. Era ekonomi kreatif kemudian mewadahi pertemuan antara ekonomi dan politik, sosial dan budaya, masyarakat kota dan pedesaan, juga antara tradisi dan modernitas yang masih ramai mewarnai perjalanan Indonesia hingga saat ini.

Sebagai anak jaman, kami, Arusbalik, dibentuk dengan keniscayaan mengarungi samudera kreativitas sebagai sumber energi yang terus menerus terbarukan. Simbologi dan ikonografi, sastra dan literasi, gambar dan imaji, yang merupakan partitur komunikasi yang berasal dari persepsi dan falsafah budaya,  sesungguhnya berasal dari alam sekitar. P e n g a l a m a n, demikian sederhananya. Melalui komunikasi yang berorientasi pada tujuan; dan media sebagai alat yang harus berfungsi total; niscaya proses kreatif akan memiliki nilai tambah bagi nilai-nilai luhur yang biasa diemban setiap manusia.

Menggiring kreativitas tentu tak sesederhana yang dibayangkan. Arusbalik bukan sekedar bicara perkembangan teknologi, atau diskusi bentuk-bentuk sastra.

Kreativitas harus selalu disandarkan pada fungsi, maksud dan tujuan. Tanpa nilai idealitas yang diimpikan, kreativitas hanya akan menjadi masturbasi. Karena fungsi dan tujuanlah yang sebenarnya menjadi patok dalam mendesain dan menyampaikan pesan yang efektif dan efisien.

Tentulah bukan tanpa sebab nama kami Arusbalik coba sandangkan. Sebagai sebuah idiom, Arusbalik dapat berarti sebuah arus yang tiba-tiba berjalan berbalik arah dan mengharuskan pengarung untuk lebih berusaha mencapai tujuannya. Atau dapat juga diartikan, Arusbalik merupakan simbolisasi atas arus umum saat ini yang mengharuskan sebuah perubahan mendasar untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Dari konsep desain komunikasi yang telah digodok hingga matang, kami dari Arusbalik menurunkan pesan ke dalam beberapa bentuk media,

Communication Design
Strategi komunikasi, pengembangan brand, public relation.
Media & Content Secialist
Strategi dan konten media, serta pelatihan media.
Publishing & Copywriting
Tulisan fiksi-non fiksi, naskah, reportase.
Visual Treatment
Desain industri, komunikasi visual, produk, kemasan,
fotografi, grafis, audio visual, film dan TV, animasi.
Desain Rupa
Lukis, patung, kriya, keramik dan instalasi.
Activation
Event, gelar musik dan budaya, panggung dan teater, sastra, tari.

Untuk melihat dan mengunduh portfolio kami, silahkan klik di sini. 
Atau silahkan pergi ke halaman portfolio kami. 

Bagi kami, berpegang teguh pada tujuan dan menerapkan kedisiplinan dalam proses adalah kunci utama. Sebab, organisasi dan entitas dengan sistem manajemen komunikasi yang tepat, dipadukan dengan treatment media yang efektif, akan mampu melahirkan nilai tambah serta menghasilkan etos kerja. Ini akan mendorong kemajuan secara kualitatif; sebuah kemajuan bagi organisasi dan entitas, sekaligus kualitas kehidupan pribadi-pribadi yang terkait di dalamnya.

Kami membuka seluas-luasnya saluran pertemuan dengan siapapun yang menginginkan perubahan. Silahkan melakukan kontak melalui saluran di bawah ini,

Arusbalik :: culture4change

Phone: +6221 3315 2255
Email: surat.arusbalik@yahoo.com
Facebook: fanspage Arusbalik
Twitter: follow us @pandoranesia
Google Plus: Arusbalik

Contact Person: Marthin Sinaga +62821.2542.5694 | Facebook: Marthin Sinaga  | @marthinsin
Contact Person: Peter Johan Djangoen +62816.160.8483 | Facebook: PJD | website PJD